Minggu, 18 Desember 2011

TUGAS IX

import java.awt.*;
import javax.swing.*;

class layout extends JFrame {

JButton Btna,Btnb, Btnc, Btnd, Btne,Btnf, Btng, Btnh, Btni, Btnj, Btnk, Btnl ;
JLabel lNama,lNama2,lNama3;
JPanel P1,P2,P3;

//pembuatan kelas layout gridlayout,flowlayout dan nonelayout
public layout() {
setTitle("MULTI LAYOUT");
JLabel lNama= new JLabel("Flow Layout" );
JButton Btna=new JButton ("0");

JButton Btnb=new JButton ("1");

JButton Btnc=new JButton ("2");

JButton Btnd=new JButton ("3");

JLabel lNama2= new JLabel("None Layout" );
JButton Btne=new JButton ("4");
JButton Btnf=new JButton ("5");
JButton Btng=new JButton ("6");
JButton Btnh=new JButton ("7");
JLabel lNama3= new JLabel("Grid Layout" );
JButton Btni=new JButton ("8");
JButton Btnj=new JButton ("9");
JButton Btnk=new JButton ("10");
JButton Btnl=new JButton ("11");
//pembuatan Jpanel
P1 = new JPanel();
P2 = new JPanel();
P3 = new JPanel();
//memanggil nama objek
setLayout(null);
add(lNama);
add(lNama2);
add(lNama3);
add(P1);
add(P2);
add(P3);
//setbounds berguna untuk mengatur letak button
lNama.setBounds(15,10,100,20);
lNama2.setBounds(220,10,100,20);
lNama3.setBounds(320,10,100,20);
P1.setBounds(5,30,200,40);
P2.setBounds(215,30,200,100);
P3.setBounds(320,30,200,150);

P1.setLayout(new FlowLayout());
P1.add(Btna);
P1.add(Btnb);
P1.add(Btnc);
P1.add(Btnd);

P2.setLayout(null);
P2.add(Btne);
P2.add(Btnf);
P2.add(Btng);
P2.add(Btnh);

Btne.setBounds(5,10,70,20);
Btnf.setBounds(5,30,70,20);
Btng.setBounds(5,50,70,20);
Btnh.setBounds(5,70,70,20);

P3.setLayout(new GridLayout(2,1));
P3.add(Btni);
P3.add(Btnj);
P3.add(Btnk);
P3.add(Btnl);
P3.setSize(100,100);

setSize(500,200);// membuat ukuran size frame
setVisible(true);
setDefaultCloseOperation(3);

}
}
//menciptakan kelas utama
public class aku {
public static void main(String[] args) {
layout l = new layout();
}
}

TUGAS

import javax.swing.*;
  class frameTurunan extends JFrame {
  JLabel Lnim = new JLabel ("NIM : ");
  final JTextField fNIM = new JTextField(10);
  JLabel Lnama = new JLabel ("Nama : ");
  final JTextField fNama = new JTextField(10);
  JButton btnOK = new JButton ("OK");
  JButton btnBtl = new JButton ("BATAL");
  public frameTurunan (String judul){
              setLayout (null);
   setTitle(judul);
   setSize(350,200);
   add(Lnim);
   add(fNIM);
   add(Lnama);
   add(fNama);
   add(btnOK);
   add(btnBtl);
   setVisible(true);

    Lnim.setBounds(10,10,120,20);
    fNIM.setBounds(130,10,100,20);
    Lnama.setBounds(10,35,100,20);
    fNama.setBounds(130,35,120,20);
    btnOK.setBounds(80,80,120,25);
    btnBtl.setBounds(210,80,120,25);

      }
  }

 public class Latihan {
 public static void main(String[]args) {
   frameTurunan f = new frameTurunan ("Coba - Coba");
      }
  }

Ket :
-     Membuat class frameTurunan dari class JFrame yang di ambil dari class  javax.swing
-     Membuat objek dengan nama Lnim dan Lnama dari class JLabel
-     Membuat objek dengan nama fNIM dan fNama dari class JTextfield dengan parameter 10
-     Membuat objek dengan nama btnOK dan btnBtl dari class JButton
-     (Add)Penambahan objek-objek dari class-class di dalam frame
-     (setBounds) Pengaturan posisi objek di dalam suatu frame
-     Class utama menampilkan

Tugas VI


Overloading
Adalah suatu kemampuan dalam bahasa berorientasi objek untuk menggunakan satu nama method untuk beberapa method yang memiliki parameter masukan yang berbeda.(dalam 1 kelas)

Overriding
Adalah suatu kemampuan dalam bahasa berorientasi objek untuk mengubah implementasi(menimpa) suatu methos yang dimiliki oleh kelas super ketika kelas tersebut diturunkan.(dalam kelas induk dan kelas anak)

Langkah-langkah praktikum:


  • Membuat Program SegiTiga.Java
class SegiTiga {
public SegiTiga(double panjang) {
System.out.println("\nVariabel = segitiganya sama sisi");
System.out.println("Panjang = " +panjang);
keliling(panjang);
}

public SegiTiga(double panjang, double sisiMiring) {
System.out.println("\n2Variabel = segitiganya sama kaki");
System.out.println("Panjang = " +panjang+ " sisi miring = " +sisiMiring);
keliling(panjang, sisiMiring);
}

public void keliling(double panjang) {
tampilkanHasil(panjang*3);
}

public void keliling(double p, double sM) {
tampilkanHasil(2*sM+p);
}

protected void tampilkanHasil(double h) {
System.out.println("Hasil = " +h);
}
}

Ket:
public void keliling(double panjang) {
tampilkanHasil(panjang*3);
}

public void keliling(double p, double sM) {
tampilkanHasil(2*sM+p);
}

kedua method tersebut merupakan overloading, karena method nya sama tetapi memiliki parameter yang berbeda, method pertama parameter nya = panjang, sedang method kedua parameternya = p, sM.

  • Membuat Program MainSegiTiga.java
class MainSegiTiga {
public static void main(String [] args) {
new SegiTiga(7);
new SegiTiga(4,7);
}
}

Ket:
Output :
Variabel1 = segitiganya sama sisi
panjang = 7.0
Hasil = 21.0
rumus segituga sama sisi adalah = panjang * 3
 = 7.0 * 3 = 21.0

Variebel2 = segitiganya sama kaki
panjang = 4.0 sisi miring = 7.0
Hasil = 18.0
rumus segituga sama kaki adalah = 2*sisi miring + panjang
= 2 * 7.0 + 4 = 18.0

  • Membuat Program OverRiding.java
class OverRiding {
public void MethodAsli() {
System.out.println("Method milik class OverRiding dijalankan");
}

public static void main(String [] args) {
OverRiding O = new OverRiding();
O.MethodAsli();
}
}

Ket:
MethodAsli = OverRiding
Output :
Method milik class OverRiding dijalankan

  • Membuat Program SubOverRiding
class SubOverRiding extends OverRiding {
public void MethodAsli() {
System.out.println("Method yang sudah OverRiding dialankan");
}

public void MethodAsliSuper() {
System.out.println("Method pemanggil MethodAsli dijalankan");
}

public static void main(String [] args) {
SubOverRiding SO = new SubOverRiding();
SO.MethodAsli();
SO.MethodAsliSuper();
}
}

Ket:
MethodAsli = OverRiding
Output:
Method yang sudah OverRiding dijalankan
Method pemanggil MethodAsli dijalankan.

Tugas IV

MEMBUAT PROGRAM SuperClass.java
public class SuperClass{
               public SuperClass(){
               System.out.println("ini konstruktor milik SuperClass");
               }
               public void methodSuperClass(){
               System.out.println("ini method milik SuperClass");
                           }
}
Ket      : SuperClass merupakan kelas induk
                             methodSuperClass() merupakan Constructor dari kelas induk

      MEMBUAT PROGRAM SubClass.java
public class SubClass extends SuperClass{
         public SubClass(){
                     super();
         }
         public void methodSubClass(){
                     super.methodSuperClass();
                     }
}
Ket      : Super() untuk memanggil constructor kelas induk
  class SubClass extends SuperClass mendeklarasikan penurunan dari SuperClass.


     MEMBUAT PROGRAM DemoInheritance.java
public class DemoInheritance{
         public static void main (String[]args){
         SubClass sc=new SubClass();
         sc.methodSubClass();
                     }
}
Ket      : memiliki fungsi utama
              Membuat objek baru bernama “sc”
Melakukan pemanggilan dari method SuperClass yaitu methodSubClass()

       MEMBUAT PROGRAM Persegi.java
public class Persegi{
         private double panjang;                   //atribut yang disembunyikan
         private double lebar;                         //atribut yang disembunyikan
         private double tinggi;                        //atribut yang disembunyikan

         public Persegi(){
         panjang=0;
         lebar=0;
         }

         private double luas(double p, double l){
                     return p*l;
         }

         public void setpanjang(double panjang1){
                                 this.panjang=panjang1;
         }

         public void setlebar(double lebar1){
                                             this.lebar=lebar1;
                     }

         public double getpanjang(){
                     return panjang;
         }

         public double getlebar(){
                                 return lebar;
         }

         public double getluas(){
                                 return luas(panjang, lebar);
         }
}
Ket           : memiliki modifier yaitu Private yang dapat dipanggil dari class yang sama

  MEMBUAT PROGRAM MainPersegi.java
public class MainPersegi{
         public static void main (String[]args){
                     Persegi pg=new Persegi();
                     pg.setpanjang(10);
                     pg.setlebar(20);

                     System.out.println("Panjang           : "+pg.getpanjang());
                     System.out.println("Lebar   : "+pg.getlebar());
                     System.out.println("Luas     : "+pg.getluas());
                     }
}
Ket      : memiliki fungsi utama
              Membuat objek baru bernama “pg”

  MEMBUAT PROGRAM Karyawan.java
abstract class Karyawan{
        int gaji;
        Karyawan(){
                    gaji=1000000;
        }

        int getgaji(){

                    return gaji;
        }

        abstract void naikgaji();
}
                     Ket    : Karyawan merupakan class induk

MEMBUAT PROGRAM Manajer.java
class Manager extends Karyawan{
                     Manager(){
                                gaji +=2000000;
                     }
                     void naikgaji() {gaji +=3000000;}
}
                     Ket    : class Manager extends Karyawanmendeklarasikan penurunan    dari Class Karyawan

    MEMBUAT PROGRAM Receptionist.java
class Receptionist extends Karyawan{
                     Receptionist(){
                                gaji +=1000000;
                     }
                     void naikgaji() {gaji +=1000000;}
}
Ket           : class Receptionist extends Karyawanmendeklarasikan penurunan dari Class Karyawan
4.      MEMBUAT PROGRAM Polymorphisme.java
class Polymorphisme{
        public static void main (String[]args){
        Karyawan K[]=new Karyawan[3];

        K[0]=new Manager();
        K[1]=new Receptionist();
        K[2]=new Manager();

        for (int i=0;i<3;i++)
                    System.out.println("Gaji karyawan "+i+" adalah "+K[i].getgaji());

        for (int i=0;i<3;i++)
                    K[i].naikgaji();

        for (int i=0;i<3;i++)
                    System.out.println("Gaji sekarang "+i+" adalah "+K[i].getgaji());
        }
}

Ket              : mempunyai fungsi utama
                     Menggunakan perulangan

TUGAS III

class Gedung {
     int Panjang = 10;
     int Lebar = 100;
     String Nama = "S1 Amik Tunas Bangsa";
     int Tinggi = 150;


     Gedung() {
         Tinggi = 10;
     }
     Gedung(int Tinggi1) {
         this.Tinggi = Tinggi1;
     }

    }

  class MainGedung {
      public static void main (String[] args) {
          Gedung G1 = new Gedung(15);
          System.out.println("Nama Gedung       = "+G1.Nama);
          System.out.println("Panjang Gedung    = "+G1.Panjang+"cm");
          System.out.println("Lebar Gedung      = "+G1.Lebar+"cm");
          System.out.println("Tinggi Gedung     = "+G1.Tinggi+"cm");
          System.out.println("Luas Gedung S1 Amik Tunas Bangsa adalah "+"|"+G1.Tinggi*G1.Panjang*G1.Lebar + "cm3"+"|");

          }

              }

- Hasil 
Nama Gedung        = S1 Amik Tunas Bangsa
  Panjang Gedung     = 10cm
  Lebar Gedung        = 100cm
  Tinggi Gedung        = 15cm
  Lusa Gedung S1 Amik Tunas Bangsa Adalah | 15000cm3 |