import javax.swing.*;
class frameTurunan extends JFrame {
JLabel Lnim = new JLabel ("NIM : ");
final JTextField fNIM = new JTextField(10);
JLabel Lnama = new JLabel ("Nama : ");
final JTextField fNama = new JTextField(10);
JButton btnOK = new JButton ("OK");
JButton btnBtl = new JButton ("BATAL");
public frameTurunan (String judul){
setLayout (null);
setTitle(judul);
setSize(350,200);
add(Lnim);
add(fNIM);
add(Lnama);
add(fNama);
add(btnOK);
add(btnBtl);
setVisible(true);
Lnim.setBounds(10,10,120,20);
fNIM.setBounds(130,10,100,20);
Lnama.setBounds(10,35,100,20);
fNama.setBounds(130,35,120,20);
btnOK.setBounds(80,80,120,25);
btnBtl.setBounds(210,80,120,25);
}
}
public class Latihan {
public static void main(String[]args) {
frameTurunan f = new frameTurunan ("Coba - Coba");
}
}
Ket :
- Membuat class frameTurunan dari class JFrame yang di ambil dari class javax.swing
- Membuat objek dengan nama Lnim dan Lnama dari class JLabel
- Membuat objek dengan nama fNIM dan fNama dari class JTextfield dengan parameter 10
- Membuat objek dengan nama btnOK dan btnBtl dari class JButton
- (Add)Penambahan objek-objek dari class-class di dalam frame
- (setBounds) Pengaturan posisi objek di dalam suatu frame
- Class utama menampilkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar